Friday 26 September 2014

Takut Kena Penyakit Jantung dan Kanker? Cegah Dengan Rajin Donor Darah

Cegah Penyakit Jantung dan Kanker dengan Donor Darah Rutin

Mencegah Penyakit dengan donor darah
Foto Oleh Haurgeulis Donor Darah


TRIBUNNEWSdotcom - Selain berguna bagi orang lain, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi si pendonor. Berikut adalah tigamanfaat kesehatan donor darah.

1. Mencegah penyakit jantungPenyebab utama penyakit jantung adalah kekentalan darah yang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan zat besi di dalam darah yang memicu kerusakan oksidatif dan kerusakan pada pembuluh darah serta arteri. Akibatnya, seseorang akan lebih rentan terkena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. 
Dengan mendonorkan darah, secara tak langsung kita akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, sebab tingkat oksidatif zat besi dalam darah dihilangkan dari tubuh secara teratur. Selain itu, mendonorkan darah secara rutin juga bisa menjamin kualitas darah dalam tubuh.  

2. Membakar kaloriSatu kali donor darah bisa membantu kita membakar sekitar 650 kalori. Inilah yang menyebabkan, mengapa donor darah sangat baik dalam mengontrol berat badan. Namun, jangan jadikan ini sebagai cara instan menurunkan berat badan. Harus diingat, untuk bisa mendonorkan darah kita juga harus memiliki berat badan yang seimbang, hemoglobin dan kandungan zat besi yang sehat.   

3. Mengurangi risiko kankerMendonorkan darah bisa mengurangi risiko kanker. Kanker sendiri telah lama dikaitkan dengan kadar zat besi yang tinggi dalam tubuh. Saat mendonorkan darah, kandungan zat besi yang berlebihan akan dikeluarkan dari tubuh dan mengurangi tekanan oksidatif pada tubuh. Adapun manfaat kesehatan donor darah lainnya, yakni mencegah kanker lever, usus besar, paru-paru, dan tenggorokan. (Magforwomen)

Sumber : Tribunnews

0 comments:

Post a Comment