Monday 17 June 2013

Jangan Pandang Rendah Kami !!



Jangan Pandang Rendah Kami !!

===================================================================

Pendidikan nonformal keseteraan SMA/SMK Paket C merupakan pendidikan yang setara dengan sekolah menengah atas / kejuruan dengan program studi masing-masing dan kurikulum mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan. Siswa yang mengikuti  Pendidikan nonformal kesetaraan SMA/SMK Paket C dapat mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) yang diselenggarakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Serta medapatkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (SKHUNPK) dan Ijazah Paket C . 

===================================================================

# 2 Tahun yang lalu 

Tepatnya tahun 2011 saya menuntaskan pendidikan sekolah menengah pertama di salah satu sekolah yang berada didaerah saya. Mungkin bagi siswa yang lain sibuk mengurus berkas untuk mendaftar ke sekolah menengah atas atau pendidikan yang lebih tinggi, tapi tidak bagi saya. Saya malah kebingungan mau melanjutkan sekolah atau tidak, karena dari keluarga pun tidak ada yang mendukung saya, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dikarenakan factor ekonomi. Namun saya tidak patah semangat untuk mencari info pendidikan yang setara dengan sekolah menengah atas agar saya bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, hingga saya menemukan tempat belajar yang sesuai dengan kebutuhan saya dan sangat ekonomis tanpa berbayar yaitu paket c setara sekolah menengah atas yang berada di pusat ibukota kabupaten. Saya pun mendaftar sebagai siswa baru. Seminggu setelah saya mendaftar, tibalah saya masuk kelas baru serasa asing dan canggung untuk melakukan suatu hal, mungkin baru pertama kali saya masuk dalam lingkungan itu. Berbeda dengan teman-teman saya waktu masuk sekolah menengah atas yang ada acara mos (masa orientasi siswa) serta kegiatan belajar mengajar yang menggunakan seragam sekolah. Mungkin ini perbedaan anatar pendidikan formal dengan nonformal, namun tidak ada rasa minder bagi saya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di paket c setara sekolah menenggah atas tersebut. Saya belajar pun seperti biasa layaknya sekolah formal lainnya ada guru serta ada murid, guru-guru di paket c adalah guru-guru pns atau honorer yang ketika pagi mengajar di sekolah formla dan siang mengajar di kelas saya. Di tempat belajar saya hanya ada satu program stusi yaitu IPS (ilmu pengetahuan social) tidak ada IPA, bahasa, atau agama. Dari pertama masuk pun saya serta teman-teman yang mengikuti belajar mengajar ditempat tersebut yang dipelajari adalah materi IPS namun tidak ada sejarah, berbeda dengan formal. Saya dan teman-teman belajar hanya tiga kali dalam seminggu karena pelajaran yang ada cuma ada sembilan mata pelajaran ( Sembilan mata pelajaran waktu saya kelas sepuluh sekarang kelas sebelas cuma ada tujuh mata pelajaran itupun yang akan di UNPK kan saja, kata Kepala UPTD nya sih anggaran dari pusat untuk menggaji gurunya tidak ada, tapi ngga tau juga :/ ) itu perbedaan yang kedua antara pendidikan nonformal dan formal. 

# Seminggu lalu

Hari senin tanggal 10 juni adalah hari pertama mengerjakan soal Ujian Kenaikan Kelas. Bagi saya mengerjakan soal ukk di paket c lebih mudah dari pada waktu saya mengerjakan soal ukk di sekolah menengah pertama, mungkin karena guru pun mengerti tingkat kecerdasan siswa rendah sehingga membuat soal sedemikian mudahnya. Pelajaran pertama diawali dengan sosiologi, matematika dan bahasa Indonesia. Dan pelajaran selanjutnya ada geografi, ekonomi, bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan. Seminggu tidak full saya dan teman-teman mengrajakan soal UKK, sekarang saya tinggal menunggu laporan hasil belajar dan menunggu keputusan untuk naik ke kelas dua belas atau tidak. Tapi saya optimis bahwa saya naik kelas ke kelas dua belas. 

====================================================================

Mungkin orang-orang diluar sana memandang rendah kami yang sekolah di paket c dan tidak menghargai ijazah paket c. Kami tahu orang-orang diluar sana menyepelakan kami, bahkan ada yang meludahi kami. Orang berpendidikan yang mengaku kuliah dengan gelar dan title yang didapatkan merka tidak pernah menghari kami. Kami sekolah bukan kejar-kejaran yang anda pikirkan kami juga sekolah sama selama tiga tahun. Materi yang diajarkan pun sama seperti sekolah menengah atas lainnya namun kita hanya berbeda nama dan pengelompokan pendidikan. Mereka di kelompokkan dalam pendidikan formal kami nonformal namun secara hokum dan undang-undang hak kami dan mereka pun sama. 


# Uneg-uneg saya !!



2 comments:

  1. Gan,saya mau tanya cara daftarnya dmna ea tolong kzih info lengkapnya donk,,,q pegn bngt lanjut school walaupun nonformal yg penting q bza school lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bang, ke UPTD SKB terdekata di kota abang.

      Delete